Selasa, 24 Juni 2008

ENYA



Enya



Enya, lahir pada 17 Mei 1961, mempunyai nama asli Eithne Ní Bhraonáin (yang dibaca Enya Brennan) adalah musisi solo Irlandia terbaik yang pernah ada. Enya sebenarnya terdiri dari 3 orang: Enya sendiri, yang menyusun dan memainkan musik; Nicky Ryan, sebagai produser; dan Roma Ryan, yang menulis lirik dalam berbagai bahasa.

Eithne, bekerja dengan Nicky dan istrinya Roma, mereka merekam dua lagu instrumental berjudul "An Ghaoth Ón Ghrian" ("The Solar Wind") dan "Miss Clare Remembers" yang dirilis pada 1984 dalam album kompilasi Touch Travel. Eithne mulai ditulis dengan Enya setelah menulis beberapa lagu untuk film The Frog Prince pada tahun 1984. Dia juga dikontrak untuk menyediakan musik untuk soundtrack dokumenter televisi The Celts pada tahun 1986. Musik yang ia produksi mulai diperkenalkan dalam album solo perdananya, Enya (1987) namun hanya mengundang sedikit perhatian pada saat itu.

Enya meraih kesuksesan besar dalam karirnya pada tahun 1988 dengan album Watermark, yang berisikan lagu hit "Orinoco Flow" ("Sail Away"). "Orinoco Flow" menempati puncak tangga lagu di Inggris, dan albumnya terjual delapan juta kopi. Tahun 1991 dia mengeluarkan album hit berikutnya: Shepherd Moons, yang terjual sepuluh juta kopi dan membuat Enya meraih penghargaan Grammy Award pertamanya. Meskipun meraih Grammy Award untuk "Album New Age Terbaik", Enya sendiri tidak mengklasifikasikan musiknya kedalam aliran tersebut. Pada tahun 1992 Enya me rilis ulang Album Enya dengan title The Celts. Dan empat tahun kemudian, Enya kembali mendapatkan Grammy Award untuk albumnya The Memory Of Trees (1995).

Pada 1997, Enya merilis koleksi hits terbaiknya Paint The Sky With Stars: The Best of Enya, yang berisikan dua lagu baru. Dia pernah ditawarkan kesempatan untuk menyusun lagu untuk soundtrack film James Cameron, Titanic, pada tahun 1997, namun Enya menolaknya. Yang kemudian Cameron meminta komponis James Horner untuk mengadaptasi gaya Enya untuk lagunya. Yang hasilnya sangat mirip dengan hasil Enya sehingga beberapa sumber secara tidak sengaja melakukan kesalahan dengan menuliskan Enya sebagai penulis lagu-lagu tersebut.

Setelah penungguan lama selama lima tahun, Enya merilis A Day Without Rain pada tahun 2000. Album ini pun meraih pengghargan Grammy untuk kategori yang sama Album New Age Terbaik. Setelah serangan 11 September 2001, lagunya "Only Time" (dari A Day Without Rain) sering digunakan sebagai latar belakang pada sejumlah laporan radio dan TV mengenai serangan tersebut.

ALBUM

· Enya (1987)

· Watermark (1988)

· Shepherd Moons (1991)

· The Celts (1992)

· The Memory of Trees (1995)

· Paint The Sky With Stars (1997)

· A Day Without Rain (2000)

· Amarantine (2005)

· Amarantine Special Christmas Edition (2006

Tidak ada komentar: